Friday, May 23, 2014

Dampak Sosial Media

FlashDetik - Sebelum kita membahas tentang Dampak Sosial Media, kita akan membahas dulu apa itu Sosial Media ?  Sosial Media adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, sharing (berbagi), dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial dan forum. Blog dan jejaring sosial merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.
            Macam-macam blog seperti; blogger, wordpress, blogdetik dll. Sedangkan jejaring social antara lain ; facebook, twitter, frienster dll. Forum antara lain ; Kaskus, forum indowebster dan masih banyak yang lainnya.
            Sosial Media online di awali dengan muncul Friendster di tahun 2002. Dan akhirnya di kalahkan oleh saingannya saat ini yaitu Facebook dan Twitter yang mulai booming pada tahun 2009.



Disini saya akan membahas dampak dari sosial media baik itu negative maupun positive secara umum. Adapun Dampak yang di timbulkan dari sosial media tersebut antara lain :

1.   Membuat orang menjadi tertutup
Penelitian membuktikan lebih dari setengah orang dewasa yang menggunakan situs jejaring sosial seperti Facebook, lebih menghabiskan waktu di depan komputer dan internetan dibandingkan berbicara dengan teman atau anggota keluarga lainnya. Itu membuktikan bahwa sosial media sangat berpengaruh sekali bagi kehidupan manusia. Bisa di perkirakan di zaman modern ini mungkin tidak akan pernh kita jumpai lagi orang-orang yang saling berkomunikasi secara langsung. Tetapi mereka lebih ketimbang berkomunikasi melalui sosial media.

2.   Ajang berbisnis online
Kini orang-orang dengan mudah memasarkan produk dan jasanya di sosial media. Contohnya toko online. Yang biasanya kalau kita membeli barang atau produk, kita bertransaksi secara langsung. Sekarang sudah mudah, dengan hanya mentransferkan sejumlah uang yang di minta dan barang yang di inginkan pun langsung di antar ke alamat yang dituju.


3.   Memperluas jaringan pertemanan
Anak dan remaja akan menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia, meski sebagian besar diantaranya belum pernah mereka temui secara langsung.

4.   Kemudahan memperoleh informasi
Kemudahan untuk memperoleh informasi yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain. Misalkan ingin membuat tugas makalah, kita bisa dapatkan bahan-bahannya dengan mudah di internet. Tanpa harus mencari dalam sebuah buku.

5.   Media sebagai tempat pertukaran data
Seperti email, ftp (File Transfer Protokol), newsgroup dll. Para pengguna internet dengan mudah dan cepat saling bertukar data.

6.   Sebagai tempat perjudian, penipuan, pornografi dan masih banyak yang lainnya.
Disinilah peran orang tua sangat di butuhkan. Gunanya agar bisa memantau anak-anak dalam mengakses situs-situs sosial media.

Artikel Menarik Lainnya

0 comments:

Post a Comment