Wednesday, June 11, 2014

Array dan Matrik

FlashDetik - Pembahasan kali ini tentang Array dan Matrik. Mungkin diantara artikel FlasDetik sebelumnya baru kali ini membahas topik yang seperti ini. Yang biasanya FlashDetik membahas topik yang bertema umum. Sekarang kita fokuskan membahas topik ini di karenakan untuk memenuhi tugas mata kuliah. Baiklah tanpa panjang lebar, langsung saja kita bahas tentang topik Array dan Matrik.
             Sebelum kita membahas tentang Array dan Matrik, apa sih yang di maksud dengan array ? Mungkin sebagian dari kita masih asing dengan kata-kata array ini. Di sini saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang array. Array adalah variable yang dapat menampung banyak nilai. Bisa di ibaratkan array itu seperti lemari pakaian yang dapat menampung baju-baju di dalamnya. Lemari pakaian itu sebagai variablenya dan baju sebagai nilainya. Kalau masih kurang jelas silahkan lihat gambar di bawah ini.


Ketentuan pada Array :
- Tiap-tiap nilai  yang ada pada variable di tampung di dalam Indeks array yang berbeda. 
- Dengan begitu cara kita mengakses array ini berdasarkan indeksnya.
- Pada umumnya indeks pada array ini dimulai dari 0 (nol).
- Untuk dapat mengakses array ini, biasanya kita menggunakan metode perulangan (looping).

Berdasarkan pendeklarasian variable, array ini terbagi atas 3 bagian, yaitu :
1. Array Satu Dimensi
    Array ini biasanya digunakan untuk menyimpan nilai tunggal atau satu nilai saja. Lihat contoh programnya di bawah ini.

"Saya sarankan anda untuk mencoba mengetik programnya ketimbang anda copy paste program yang sudah jadi. Sebab jika kalian mengetik sendiri programnya, maka kalian akan terbiasa dengan listing-listing program ini."

2. Array Dua Dimensi
    Array inilah yang di gunakan untuk membuat matrik. Saya akan tunjukan contoh program matrik ini.


"Di sebuah matrik pasti ada baris dan kolom. Pada source program tersebut kita menggunakan dua buah sintaks perulangan. Sintaks ini bertujuan untuk membuat baris dan kolom tersebut."


3. Array Tiga Dimensi
  Array jenis ini jarang di gunakan, karena jarang ada program yang memerlukan penampungan data sebanyak 3 dimensi. Maka dari itu array jenis ini jarang digunakan.


Mungkin cukup sekian pembahasan saya tentang Array dan Matriks ini. Mohon maaf bila ada salah-salah kata atau ada kata-kata yang keliru dalam penyampaiannya. Saya disini juga masih belajar, jika ada kritik atau saran atau bahkan ada pendalaman materi lagi silahkan saja berikan komentarnya di bawah ini.






  

Artikel Menarik Lainnya

0 comments:

Post a Comment